GSM Membangun Ruang Kolaborasi

“Apapun kulitnya, yang terpenting isinya menarasikan nilai-nilai GSM”. Itulah yang selalu dinarasikan oleh Founder GSM, Pak Rizal di berbagai kegiatan ketika bertemu dengan para volunter GSM. Ungkapan ini menggambarkan bahwa Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) bukan sebuah merek, GSM bukanlah sebuah kegiatan yang berhenti di program-program. GSM merupakan sebuah gerakan dengan kendaraan sebuah komunitas yang dibangun, bahkan berkolaborasi dengan komunitas lainnya untuk menarasikan nilai-nilai pendidikan yaitu memanusiakan manusia dengan cara menuntun kodrat (rasa ingin tahu, kreativitas dan keberagaman) sehingga anak didik akan mencapai versi terbaiknya masing-masing, mencapai kebahagiaan setinggi-tinggi yang bermanfaat untuk dirinya sendiri dan lingkungannya.’

Semenjak mengenal GSM di tahun 2019, saya semakin jatuh hati untuk merealisasikan makna mendidik tersebut dalam pembelajaran yang menyenangkan. Sejak itulah saya menetapkan pada diri sendiri akan menjadi volunter dan akan terus menyebarkan nilai-nilai GSM ke pelosok negeri. Di awali pada tahun 2021, menyebarkan nilai-nilai GSM ke pelosok negeri baik di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi sampai ke Nusatenggara Timur. Ketika tekad membumikan bahasa langit ini terus membara, alam semesta ikut mendukungnya. Tidak disangka, saya pun mendapat undangan dari e-guru foundation yang bekerjasama dengan belajar era digital untuk menjadi narasumber workshop nasional dengan judul “Gerakan Sekolah Menyenangkan untuk Mendukung Kurikulum Merdeka melalui Project Based learning yang diselenggarakan pada tanggal 18-21 Juli 2022.¬† Bahkan sebelumnya pada Jumat, 15 Juli 2022 pukul 19.30 diudang untuk podcast¬† edisi perdana¬† “The Osman Show” yang mengupas tentang Gerakan Sekolah Menyenangkan (https://youtu.be/pLNErPjmfms)

Meskipun hal kecil yang bisa saya sharringkan, namun inilah kebahagiaan yang saya peroleh. Seperti yang diungkapkan oleh Ibu Novi, “Carilah kebahagiaan dari dalam diri sendiri. Tidak usah menuntut orang lain, lakukan apa yang bisa dijangkau oleh diri kita, maka kebahagiaan akan diperolehnya.

 

 

 

 

27 thoughts on “GSM Membangun Ruang Kolaborasi”

  1. Sangat menginspirasi pembahasan GSM Olen pak Diyarko,M.Pd,sekiranya ilmu yg di taburkan bermanfaat bagi sekolah kamu juba sekolah-sekolah bapak IBU guru uh mengikuti worshop ini.

  2. Muhammad Aswadi,S.Pd.

    Pengalaman dan Masukan yang sangat luar biasa.. dan sangat bermanfaat sekali bagi peserta didik.. bahwa Sanya.. memanusiakan manusia itu sangatlah istimewa sehingga Al hasil TDK hanya tujuan pembelajaran yang kita capai akan tetapi saluran Bakat peserta didik berkembang dan model pembelajaran pasti kooperatif dan tidak monoton, otomatis peserta didik senang dan bersemangat dalam proses pembelajaran.
    #terimakasih ilmunya
    #semoga jadi amal jariyah
    #panjang umur dan sehat selalu para mentor/pemateri.

  3. GSM bagian dr kebutuhan pendidikan yg menuntun manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna..

  4. GSM …gerakan ini sangat memberikan antusias keteladanan dan semangat murid untuk berinovasi…mudah mudahan dapat di implementasikan di kurikulum merdeka belajar ini..semangat berkarya dan berinovasi

  5. KETUT TRILESTARI,S.Pd

    Jadilah diri sendiri namun baik pelaksanaannya, sesekali kita berbeda dari kebanyakan untuk menembus rahasia Ilahi yang tetanam dengan lekat di hati anak didik kita. Betapa mereka berharga jika kita mampu menjadikannya manusia sesungguhnya. Memanusiakan manusia melalui pendidikan.

  6. Smoga dengan adanya workshop seperti ini dapat menambah pengetahuan kita dalam memajukan pendidikan di Indonesia menjadi lebih dan lebih baik lagi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *