Semua benda bisa menjadi karakter yang nampak hidup. Hal ini hanya bisa dilakukan di bidang animasi. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang yang bergerak di bidang animasi adalah membuat standar karakter. Yang paling menarik dari kompetensi ini adalah membuat standar karakter dari benda-benda menjadi nampak hidup, seolah-olah seperti manusia. Di dalam proses ini dibutuhkan ruang kreativitas dan imajinasi yang tinggi. Proses peningkatan kompetensi ini diwujudkan melalui sebuah tantangan yang diwadahi dalam project pembuatan asset digital 3. Dalam project ini murid kelas X, XI dan XII mendapatkan tantangan membuat karakter sebanyak 5 buah dengan ukuran 2000 pixel x 2000 pixel, format png. Adapun 5 buah gambar karakter dari masing-masing peserta didik sudah ditentukan dan hampir setiap murid akan berbeda satu sama lainnya.
Wilda, salah satu murid kelas X Animasi 2 SMK N 11 Semarang ini di waktu liburan ini sudah menyelesaikan lima karakter buah. Pencapaian yang luar biasa, karena ia mampu membuat gambar secara detail, halus, dengan pewarnaan yang bagus. Ia mampu membuat gradasi maupun shading sehingga karakter nampak memiliki volume atau berbentun 3D. Setiap karakter buah ia tambahkan dengan tangan dan kaki yang bersepatu secara detail. Bagian buahnya menjadi muka dengan ditambahkan mulut, hidung dan mata yang diberi aksesoris kacamata. Ia memiliki imajinasi dan kreativitas yang tinggi.
Inilah proses yang kami lakukan, cukup dengan memberikan tantangan (bukan tugas) bagi murid, memberikan penghargaan atas pencapaiannya. Dari proses pembuatan karakter buah inilah, murid akan meningkat daya imajinasinya. Semoga karya Wilda ini mampu menginspirasi yang lainnya.