Mentoring Pasca Magang

Sudah 3 hari ini Juan, Salvia, Dea Zahra dan Alfinia melakukan kegiatan mentoring ke kelas X Animasi. Keempat siswa tersebut merupakan siswa kelas XI dan XII Animasi SMK N 11 Semarang yang 6 bulan lalu mengikuti kegiatan magang di Avesome Semarang. Secara resmi, tanggal 5 Oktober 2022, mereka kembali ke kelasnya masing-masing. Namun sudah menjadi budaya yang terus dipertahankan, bahwa siswa yang sudah selesai magang memiliki kewajiban moral untuk berbagi pengalamannya kepada adik-adiknya dalam kegiatan mentoring.

Juan yang jago di ibispaint dan photoshop memberikan mentor tentang penggunaan ibispaint dalam pembuatan karakter dan gambar ilustrasi. Salvia sebagai modeler 3D memberi mentor tentang penggunaan blender dalam pembuatan modeling 3D. Dea Zahra dan Alfinia yang mahir di pembuatan asset digital menggunakan adobe ilustrator memberikan mentor di bidang tersebut.

Kegiatan mentoring ini selain melatih siswa untuk peka terhadap orang lain sehingga berperilaku empati, kegiatan tersebut sebagai media mengakrabkan siswa kelas X dengan kelas atasnya. Perilaku empati yang terus digelorakan ini dalam rangka pencegahan terjadinya bulying.

 

Modeling 3D, karya putra Aldo hasil mentoring

Kegiatan ini mendapatkan respon positif oleh siswa kelas X, siswa kelas XI, XII maupun orang tua siswa. Kelas X jelas sekali manfaatnya karena mendapat tambahan skill, siswa kelas XI dan XII menjadi bertambah skill dan kepercayaan diri.

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *