Di Balik Ucapan Selamat Idul Fitri

Saya merasa bahagia ketika melihat kreativitas OSIS SMK Negeri 11 Semarang mampu menyuguhkan hasil video ucapan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H” yang diposting di chanel Youtube SMK Negeri 11 Semarang.

Formasi mandala atau berbentuk lingkaran menjadi pilihan bagi pengurus OSIS ketika melibatkan siswa kelas X dan XI. Sebuah filosofi yang menarik dan menjadi inspirasi. Mandala melambangkan sebuah konsentrasi pada satu titik pusat. OSIS dan perwakilan organisasi berdiri melingkar di tengah-tengah dan diikuti oleh lapisan kelas X dan XI melambangkan ada kolaborasi yang kuat.

Di balik penayangan video tersebut tersebut ada banyak pemikiran, inspirasi dan tenaga yang terlibat. Pertama, video tersebut dapat dibuat karena ada inspirasi dari sebuah kebijakan pimpinan SMK Negeri 11 Semarang. Dalam sebuah rapat kecil tim kreator pengucapan selamat hari raya idul fitri untuk para guru dan karyawan, Pak Luluk memberikan pantikan kepada saya untuk melibatkan seluruh siswa untuk melakukan kegiatan yang serupa. Hari berikutnya bisa melaksanakan take video dan pihak sekolah memberikan waktu khusus bagi seluruh siswa kelas X dan XI.

Kedua, dari pantikan ini maka saya teruskan kepada pengurus OSIS untuk bisa merancang dan melaksanakan. Di luar ekspectasi saya, ternyata di benak para pengurus OSIS ini mampu melibatkan perwakilan organisasi yang ada untuk ikut terlibat. Kebahagiaan saya semakin bertambah, ternyata jiwa kolaborasi mulai tumbuh dan terus mereka pupuk sehingga semakin tumbuh dan terus tumbuh. OSIS sebagai pionirnya, mampu mengajak organisasi Rohis, Paskibra, PMR, Pasus, Bantara untuk terlibat bahkan menjadi tokoh utama dalam pembuatan video ini. Terlihat saat take video yang pertama, perwakilan organisasi ikut menyampaikan kata-kata mutiara yang saling melengkapi sehingga menjadi lantunan kalimat yang menarik.

Ketiga, apresiasi kepada siswa kelas X dan XI yang ikut terlibat dalam pembuatan video ini. Bayangkan dalam kondisi puasa, pukul 10.00 WIB mereka rela berkumpul di lapangan dalam kondisi panas. Mereka menurunkan egonya, mengikuti arahan dari pengurus OSIS untuk berdiri melingkar dan mengikuti aba-aba sehingga mampu menampilkan keindahan dan kekompakan ketika dilihat dari dron di atas mereka.

Keempat, tim kreator yang melibatkan petugas operator dron. Pengurus OSIS mampu berkoordinasi, menjalin kerjasama dengan baik dengan mereka. Ucapan terima kasih untuk Pak Hamrowi dan timnya yang 100% mendukung kegiatan ini. Kelima, daya dukung dari tim kesiswaan, Pak Ranto, Pak Hery, Pak Fahmi dan Pak Budi. Terima kasih keterlibatan dalam kegiatan ini. Mengkondisikan di lapangan bukan perkara mudah, dibutuhkan kerja tim yang solid.

Keenam, apresiasi untuk tim kurikulum. Atas kesempatan waktu yang diberikan oleh Pak Guntur beserta para guru sehingga siswa kelas X dan XI dapat terlibat penuh dalam pengambilan video ini. Ketujuh, apresiasi untuk tim humas, Pak Darwito, Pak Royani dan Pak Hamrowi yang memposting video tersebut di youtube maupun instagram SMK Negeri 11 Semarang.

Di balik video tersebut banyak tangan yang terlibat. Slogan SMK Negeri 11 Semarang “Berkolaborasi Berprestasi”, bukan hanya slogan di atas tulisan, namun terealisasi dalam tindakan. Inilah yang cara yang sederhana untuk terus memumpuk benih-benih kolaborasi dan┬ásemoga terus tumbuh menjadi budaya sekolah yang terus diimplementasikan. “Selamat Idul Fitri 1444 H, mohon maaf lahir dan batin”.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *