OSIS Prayatna Maitri Latihan Barber Shop

Hari ini, 20 Mei 2024 bertepatan hari Kebangkitan Nasional, Pengurus OSIS Prayatna Maitri melaksanakan pelatihan Barber Shop. Pelatihan yang dilakukan atas kerjasama dengan Mas Malik dan Mas Gunawan yang memiliki usaha Barbershop di daerah Kalipancur Kota Semarang.  Pelatihan ini dikoordinasi langsung oleh bu Anita selaku pembina OSIS di SMK N 11 Semarang.  Kedua narasumber tersebut dulunya pernah menjadi murid Bu Anita yang dengan sukarela mau berbagi untuk adik-adik di SMK N 11 Semarang.

OSIS Prayatna Maitri Mengadakan Pelatihan Barbershop

Pelatihan ini merupakan salah satu bagian dari usaha melatih kemandirian dan wirausaha di bidang barbershop. Meskipun pada pelatihan ini baru diberikan latihan dasar mencukur rambut pria, namun keterampilan dasar ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi pengurus untuk membantu murid-murid lainnya yang tidak mampu untuk mencukur rambut. OSIS Prayatna Maitri ke depannya akan membuka usaha barbershop sebagai salah satu bentuk usaha jasa di samping wirausaha di bidang penjualan makanan yang selama ini sudah dilakukan.

Salah satu alasan mengapa usaha ini akan dibuka yaitu membantu pelayanan kepada murid-murid yang mengalami permasalahan finansial ketika harus mengeluarkan biaya untuk potong rambut. Dari hasil analisis berdasarkan data di lapangan menunjukkan bahwa ada sebagian murid yang tidak merapikan rambutnya karena kurang sanggup membayar jasa cukur rambut.  Kehadiran pengurus OSIS Prayatna Maitri yang membantu merapikan potongan rambut tersebut diharapkan akan meringankan beban finansial yang harus ditanggung oleh murid ketika harus menggunakan jasa Barbershop.

Di akhir pelatihan peserta pelatihan memberikan refleksi. Mereka menyampaikan bahwa dari pelatihan tersebut mendapatkan pengetahuan dan keterampilan mencukur rambut. Mereka merasa senang dengan pelatihan tersebut. Salah satu pengurus, Yoga menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber atas waktu, tenaga dan pikirannya yang telah dicurahkan kepada pengurus OSIS. Saya pun selaku  perwakilan dari kesiswaan menyampaikan terima kasih atas kerjasamanya dan semoga apa yang telah diberikan oleh narasumber menjadi berkah. Aamiin.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *